Kurikulum 2012

  1. Program Pra-Pascasarjana atau Matrikulasi

Materi kuliah Matrikulasi diberikan dalam jangka waktu tertentu. Mata kuliah program Matrikulasi dapat dilihat pada Tabel 3 berikut ini:

 

Tabel 3. Mata kuliah program Matrikulasi

No Mata Kuliah Komak
1 Dasar-dasar Statistik & Numerik MTS812191
2 Dasar-dasar Hidrologi & Hidrolika MTS812192
3 Dasar-dasar Rekayasa Lalu-lintas MTS812193
4 Dasar-dasar Mekanika Tanah MTS812194
5 Filsafat Ilmu UNI812…

 

Program ini dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai. Program Matrikulasi ini wajib diikuti oleh peserta Magister Teknik Sipil yang lulus seleksi.

 

  1. Komposisi Mata Kuliah

Kurikulum Program Magister Teknik Sipil Universitas Lampung tersusun dalam beberapa kelompok Mata kuliah dengan Komposisi Mata kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa seperti dalam Tabel 4 berikut:

 

Tabel 4. Komposisi Mata Kuliah

No Kelompok Rekayasa & Manajemen Rekayasa & Manajemen
  Mata Kuliah Sumberdaya Air Infrastruktur Transportasi
1 Wajib 21 SKS 21 SKS
2 Konsentrasi 12 SKS 12 SKS
3 Seminar dan Tesis 8 SKS 8 SKS
Total 41    SKS                41 SKS

 

  1. Mata Kuliah Wajib (Dasar Keahlian)

 

Kelompok mata kuliah dasar keahlian adalah mata kuliah wajib yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa selama menempuh Program Magister Teknik Sipil tanpa memandang konsentrasi yang diambil. Secara keseluruhan kelompok mata kuliah ini memiliki bobot 21 SKS terdiri atas 7 mata kuliah masing-masing dengan bobot 3 SKS yang dapat dilihat pada Tabel 5 berikut:

 

Tabel 5. Mata Kuliah Wajib (Dasar Keahlian)

No Komak Mata Kuliah Beban(sks)
1 MTS812101 Analisis Statistik dan Numerik 3
2 MTS812102 Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur 3
3 MTS812103 Manajemen Lingkungan 3
4 MTS812104 Metodologi Penelitian 3
5 MTS812210 Manajemen Pembiayaan Fasilitas Publik 3
6 MTS812211 Studi Kelayakan Proyek Infrastruktur 3
7 MTS812212 Aspek Legal Penyediaan Fasilitas Publik 3

 

  1. Mata Kuliah Konsentrasi

Matakuliah konsentrasi yang ditawarkan adalah Rekayasa dan Manajemen Sumberdaya Air, Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur Transportasi. Untuk setiap konsentrasi mahasiswa diwajibkan menempuh 4 (empat) mata kuliah dengan bobot total 12 sks.

 

 

  1. Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Sumberdaya Air

 

Tabel 6. Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Sumberdaya Air

No Kode Mata Kuliah Beban (sks)
1 MTS812115 Manajemen Sungai dan Pengendalian Banjir 3
2 MTS812116 Rekayasa Konservasi Tanah dan Air 3
3 MTS812117 Manajemen Sistem Irigasi 3
4 MTS812118 Manajemen dan Rekayasa Pesisir 3

 

  1. Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur Transportasi

 

Tabel 7. Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur Transportasi

No Kode Mata Kuliah Beban (sks)
1 MTS812125 Teknik Perkuatan Tanah 3
2 MTS812126 Rekayasa dan Perencanaan Transportasi 3
3 MTS812127 Perancangan dan Pelaksanaan Konstruksi Jalan 3
4 MTS812128 Rekayasa dan Analisis Lalu-lintas 3

 

 

  1. Seminar dan Tesis

Sebelum menyelesaikan studinya, seorang mahasiswa harus mampu menyelesaikan tugas akhir berupa tesis. Tesis disusun dari hasil penelitian dan ditulis dengan menggunakan kaidah-kaidah penulisan ilmiah. Sebelum penelitian dimulai, dilakukan Seminar Usul Penelitian (1 SKS) dan Seminar Hasil Penelitian (1 SKS). Tesis yang telah diajukan dan lulus mempunyai bobot 6 SKS.

 

  1. Distribusi Mata Kuliah per Semester

 

Masa studi pada program ini berlangsung selama 4 (empat) semester. Pada tiap semester mahasiswa menempuh 3 sampai 4 mata kuliah dan semester keempat sepenuhnya dipergunakan untuk menulis tesis. Sebaran mata kuliah pada tiap semester dapat dilihat pada Tabel berikut:

 

Tabel 8. Sebaran Mata Kuliah per Semester

Semester No. Komak Mata Kuliah Beban (sks)
I 1 MTS812101 Analisis Statistik dan Numerik 3
2 MTS812102 Pengembangan Wilayah & Infrastruktur 3
3 MTS812103 Manajemen Lingkungan 3
4 MTS812104 Metodologi Penelitian 3
Total Semester I 12
Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Sumberdaya Air
II 5 MTS812115 Manajemen Sungai dan Pengendalian Banjir 3
6 MTS812116 Rekayasa Konservasi Tanah dan Air 3
7 MTS812117 Manajemen Sistem Irigasi 3
8 MTS812118 Manajemen dan Rekayasa Pesisir 3
Total MK Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Sumberdaya Air 12
Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur Transportasi
II 5 MTS812125 Teknik Perkuatan Tanah 3
6 MTS812126 Rekayasa dan Perencanaan Transportasi 3
7 MTS812127 Perancangan dan Pelaksanaan Konstruksi Jalan 3
8 MTS812128 Rekayasa dan Analisis Lalu-lintas 3
Total MK Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur Transportasi 12
II 9 MTS812109 Seminar Usul Penelitian 1
Total Semester II 13
III 10 MTS812210 Manajemen Pembiayaan Fasilitas Publik 3
11 MTS812211 Studi Kelayakan Proyek Infrastruktur 3
12 MTS812212 Aspek Legal Penyediaan Fasilitas Publik 3
  13 MTS812213 Seminar Hasil Penelitian 1
Total Semester III 10
IV 14 MTS812214 Tesis 6
Total Keseluruhan SKS 41

 

 

  1. DESKRIPSI MATA KULIAH

 

Analisis Statistik dan Numerik

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kembali kepada mahasiswa mengenai Statistik dan Numerik. Matakuliah ini membahas tentang, solusi langsung dan iteratif untuk sistem linier, solusi untuk sistem nonlinier, pendekatan suatu fungsi, analisis kesalahan (error), interpolasi, turunan, analisis regresi, perbandingan data (ANOVA), pemodelan numerik dengan menggunakan persamaan differensial parsial, persamaan poisson, hiperbola, dan parabola.

 

Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap pengembangan wilayah dan infrastruktur. Matakuliah kuliah ini membahas secara global mengenai dampak pembangunan infrastruktur bagi pengembangan wilayah (kota/kabupaten) dari berbagai aspek/sudut tinjauan, seperti pertumbuhan kegiatan ekonomi masyarakat, pengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, pengaruh terhadap lingkungan hidup, dsb.

 

Manajemen Lingkungan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahanan kepada mahasiswa terhadap Manajemen Lingkungan. Matakuliah ini membahas tentang struktur dan fungsi ekosistem; energi dalam ekosistem; siklus materi dalam system hayati; populasi dan komunitas; peraturan perundang-undangan mengenai pelaksanaan Amdal; komponen-komponen lingkungan dan analisisnya; penyusunan dokumen-dokumen Amdal; RKL, dan RPL; ekosistem dan disain; disain dan dampak lingkungan.

 

Aspek Legal Penyediaan Fasilitas Publik

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Aspek Legal Penyediaan Fasilitas Publik. Mata kuliah ini membahas mengenai pemahaman kelembagaan yang terkait dengan perencanaan pembangunan dan pekerjaan konstruksi, pemahaman hukum perencanaan, hukum lingkungan, hukum pertanahan, rencana tata guna lahan, dan peraturan bangunan, kekuatan dan kelemahan hukum sebagai alat pengendali pembangunan. Hak-hak atas tanah, pembebasan tanah dan pencabutan hak atas tanah, proses transaksi, kontrak listing, jual beli, sewa, dan pembebasan hak tanggungan, serta masalah perpajakan yang terkait dengan kelengkapan dokumennya. Peran BPN, PPAT, Notaris dalam pemindahan Hak Atas Tanah.

 

Manajemen Pembiayaan Fasilitas Publik

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Manajemen Pembiayaan Fasilitas Publik. Mata kuliah ini membahas mengenai pemahaman prinsip evaluasi peluang investasi atas tanah dan bangunan. Pengambilan keputusan investasi, risiko dan pengembalian modal. Penentuan biaya modal untuk investasi. Pembahasan problem dalam penerapan kriteria investasi yang tepat untuk peluang tipe tertentu. Appraisal property dan kelayakan proyek. Analisa kasus pengambilan keputusan investasi swasta dan pemerintah dalam tanah dan bangunan, Skema pembiayaan Built-own-operate (BOO), Built-own-operate-transfer (BOOT), Built-transfer-operate (BTO).

 

Studi Kelayakan Proyek Infrastruktur

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Studi Kelayakan Proyek Infrastruktur. Mata kuliah ini membahas mengenai pendekatan manajemen di sektor publik dan membahasnya secara kritis dalam penerapannya di negara-negara berkembang. Pendekatan sistem dalam pengelolaan prasarana umum, perencanaan sistem prasarana, organisasi, sistem informasi, sistem pendukung pengambilan keputusan, proses penyusunan anggaran, manajemen keuangan, manajemen proyek, pengoperasian dan pemeliharaan. Penilaian kelayakan proyek infrastruktur: BCR, IRR, NPV, Payback Period, Keuntungan finansial & non-finansial.

 

Metodologi Penelitian

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Metodologi Penelitian. Mata kuliah ini membahas tentang prosedur penelitian, lingkup dan substansi penelitian, aspek teknis dan non teknis dalam penelitian, perencanaan dan perancangan, perencanaan waktu dan pembiayaan penelitian, mengumpulkan, merangkum dan mengolah data, standar penulisan tesis, menyusun dan menulis proposal teknis.

 

Manajemen Sungai dan Pengendalian Banjir

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Manajemen sungai dan Pengendalian banjir. Mata kuliah ini membahas mengenai hidrologi Daerah Aliran Sungai (DAS), Instrumentasi DAS, Pengenalan Investigasi sumber air (water source) dengan menggunakan Isotope, Karakteristik sungai, morfologi sungai, pemodelan sungai (model matematik dan model fisik), drainasi perkotaan, pengendalian banjir, bangunan-bangunan sungai.

 

Rekayasa Konservasi Tanah dan Air

Mata kuliah ini memberikan bertujuan untuk pemahaman kepada mahasiswa terhadap Rekayasa Konservasi Tanah dan Air. Mata kuliah ini membahas tentang sumberdaya tanah dan air, ruang lingkup konservasi tanah dan air, erosi dan sedimentasi, mekanisme dan bentuk erosi, faktor-faktor yang mempengaruhi erosi, konservasi tanah dan air secara engineering, panen hujan (rainfall harvesting), sumur resapan, konservasi daerah aliran sungai.

 

Manajemen Sistem Irigasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Manajemen Sistem Irigasi. Mata kuliah ini membahas mengenai prinsip-prinsip pengelolaan prasarana umum, pengambilan keputusan, mobilisasi sumberdaya, pengelolaan konflik, pemantauan dan evaluasi proyek irigasi, pengoperasian dan pemeliharaan sistem irigasi, pengaturan kelembagaan, partisipasi masyarakat, sistem informasi irigasi.

 

Manajemen dan Rekayasa Pesisir

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiwa tentang manajemen dan Rekayasa Pesisir. Mata kuliah ini membahas mengenai kondisi pesisir dan kerusakan wilayah pesisir, aspek sosial dalam menangani proyek pesisir, prinsip-prinsip perhitungan dalam menangani kerusakan wilayah pesisir, penggunaan software dan kriteria perencanaan terkini dalam perencanaan pesisir, reklamasi pesisir, pemantauan dan evaluasi proyek pesisir, pengoperasian dan pemeliharaan sistem perlindungan wilayah pesisir, pengaturan kelembagaan, partisipasi masyarakat, sistem informasi kelautan dan pesisir.

 

Teknik Perkuatan Tanah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Teknik Perkuatan Tanah. Mata kuliah ini membahas tentang prinsip perkuatan dan perbaikan tanah, tanah ekspansif, tanah organik gambut, stabilisasi dengan semen dan kapur, kompaksi dalam (deep compaction), kompaksi dinamik, preloading dan drainase vertikal, stone column, grouting underpinning, dinding diafragma, aplikasi geotekstil dan geomembran, penjangkaran tanah, soil nailing.

Rekayasa dan Perencanaan Transportasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Rekayasa dan Perencanaan Transportasi. Mata kuliah ini akan membahas tentang manajemen dan analisis kebutuhan akan transportasi (transport demand management and analysis), Transportasi publik, Travel demand modelling, Perencanaan jaringan transportasi menurut fungsi dan hirarki tataguna lahan, dsb, transportasi yang berkelanjutan (sustainable transport).

 

Perancangan dan Pelaksanaan Konstruksi Jalan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Perancangan dan Pelaksanaan Konstruksi Jalan. Mata kuliah ini membahas tentang desain tebal perkerasan lentur, perkerasan lapis ulang, perkerasan kaku, Teori dan perancangan campuran perkerasan, Survai kondisi jalan dan klasifikasinya, uji non-destruktif, pengukuran kekasaran, Pemodelan kinerja perkerasan, Teknik pemeliharaan dan perbaikan jalan, Optimasi di tingkat jaringan, Optimasi di tingkat proyek.

 

Rekayasa dan Analisis Lalulintas

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Rekayasa dan Analisis Lalulintas. Mata kuliah ini membahas tentang teknik pengaturan dan pengontrolan lalulintas, Studi tentang ruang dan waktu (space and time), Distribusi kecepatan lalulintas, Karakteristik lalulintas dalam jaringan transportasi, Teori pergerakan lalulintas, Sistem operasi dan kontrol lalulintas, Pengaturan rute lalulintas daerah terbatas (restricted zones), Pejalan kaki, Parkir.

 

Tesis

Telaah teoritis mengenai suatu masalah lingkungan binaan dari sudut pandang alur (keahlian) yang dipilih dan penelitian ilmiah di bawah bimbingan dosen yang bidang keahliannya sesuai.

MAGISTER TEKNIK SIPIL © 2016 Modifed by Admin MTS